GREEN MOVEMENT


1. Internal Change Behaviour

Fact :

Leading By Example, koalisi para pihak penggerak Synchronize Festival tidak ingin kampanye ini hanya untuk mengajak para pengunjung festival, akan tetapi lebih penting adalah secara internal tim panitia pelaksana sudah menerapkan prinsip-prinsip kepedulian sosial dan lingkungan yang nyata dalam mengerjakan festival. Kami percaya, selangkah demi selangkah aksi kecil akan membawa perubahan.

Aksi Nyata Internal Change Behaviour :

a. Mengurangi dengan signifikan penggunaan kemasan sekali pakai untuk makanan dan minuman bagi seluruh tim panitia.

b. Menyediakan water station dengan cukup agar seluruh tim panitia bisa menggunakan tumbler yang diisi ulang selama bekerja.

2. Waste Management

Fact :

Sampah merupakan tantangan permasalahan lingkungan yang sampai saat ini masih belum terjawab dengan baik dan merata. Setiap harinya DKI Jakarta menghasilkan sekitar 7500 ton sampah yang dibawa menuju landfill atau TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Synchronize Festival ingin berkontribusi dalam mengurangi timbulan sampah ke TPA dengan menerapkan prosedur Less Waste Event yang secara resmi telah diresmikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Pedoman Pengelolaan Sampah Pada Pelaksanaan Acara.

Aksi Nyata Waste Management :

a. Menerapkan Less Waste Event.

b. Menyediakan Wadah Sampah Terpilah pada Venue.

c. Membuka ruang kerjasama komunitas yang bisa memanfaatkan barang bekas pakai dari seluruh lini promosi festival seperti umbul-umbul dan baliho menjadi produk dengan nilai tambah.

d. Mengolah sampah organik yang dihasilkan dari festival menjadi kompos.

e. Membuka Synchronize Recycle Station, dimana pengunjung bisa terlibat aktif dalam mengelola sampahnya selama festival berlangsung.

3. Bring Your Own Tumbler

Fact :

Pengelolaan sampah plastik di Indonesia hingga kini masih belum maksimal. Sementara konsumsi kemasan plastik untuk minuman dan makan masih sangat tinggi dan tidak sebanding dengan tingkat pengelolaan yang layak. Oleh karena itu Synchronize Festival mengajak seluruh pihak baik internal dan eksternal untuk mengurangi kemasan plastik sekali pakai salah satunya dengan membawa wadah air minum sendiri.

Aksi Nyata Bring Your Own Tumbler :

1. Pengunjung diperbolehkan membawa Tumbler kosong ke area festival.

2. Menggunakan Tumbler pribadi untuk mengurangi penggunaan kemasan minuman sekali pakai.

4. Bike To Synchronize & Public Transportation

Fact :

Tujuh puluh persen pencemaran di perkotaan dihasilkan oleh sektor transportasi. Akibat tingginya penggunaan bahan bakar fosil pada sektor transportasi, sektor ini juga bertanggungjawab untuk emisi gas rumah kaca yang berkontribusi signifikan terhadap pemanasan global. – Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Aksi Nyata Bike To Synchronize & Public Transportation :

1. Mengundang pengunjung festival untuk menggunakan Sepeda atau Trasnportasi Publik ketika hadir menuju lokasi festival.

2. Menyediakan fasilitas lokasi parkir sepeda yang aman, layak dan nyaman bagi pesepeda yang hadir ke festival.