Kunto Aji Merilis Album Penuh Kedua, ‘Mantra Mantra’

Sebuah karya pop sarat akan eksplorasi

Posted on 2018-09-30 09:38:09   | by Pramedya Nataprawira

Kunto Aji (Foto milik Juni Records)


Penyanyi pop tanah air, Kunto Aji, baru-baru ini merilis album penuh kedua dirinya yang diberi judul Mantra Mantra. Album yang dirilis lewat label rekaman Juni Records ini merupakan sebuah karya pop sarat akan eksplorasi. Mantra Mantra sudah dapat didengar lewat beberapa layanan musik digital seperti Spotify, Apple Music, hingga JOOX.

Mantra Mantra merupakan karya lanjutan dari Aji di mana sebelumnya merilis album debut Generation Y pada 2015, single “Konon Katanya” pada 2017, dan album pendek Overthinker (demo) pada Agustus lalu sebagai perkenalan singkat kepada album ini.

Aji melibatkan empat produser di Mantra Mantra yaitu Ankadiov Subran, Petra Sihombing, Anugrah Swastadi, dan Bam Mastro. Sedangkan untuk bagian visual, ia mempercayakannya kepada seniman Naufal Abshar.

“Isu yang saya angkat di album ini berkisah tentang mental health, tapi saya buat menjadi lebih spesifik ke salah satu poin dari mental health, yaitu tentang overthinker, alias terlalu banyak mikirin ini itu,” ungkap Aji perihal tema di balik Mantra Mantra. “Hal ini kebetulan terjadi juga ke saya, makanya album ini rampungnya lama,” sambung Aji tertawa.

Di balik sudut pandang Aji perihal mental health, ia juga memasukan frekuensi suara di salah satu lagunya yang bisa membuat pendengarnya merasa lebih baik. “Saya mencoba memasukan frekuensi 396 Hz yang menurut penelitian bisa mengeluarkan racun atau pikiran negatif. Sehingga membuat pendengar frekuensi tersebut merasa lebih baik, lebih semangat, lebih optimis,” katanya.

Kunto Aji merupakan salah satu penampil Synchronize Fest 2018 pada 5, 6, 7 Oktober mendatang di Gambir EXPO Kemayoran, Jakarta. Ia akan tampil pada hari kedua bersama musisi-musisi lain seperti Bonita & The Hus Band, Diskoria, Mocca, Revenge The Fate, Sisitipsi, hingga Tohpati Ethnomission.