Barasuara Meluncurkan Single Terbaru, “Guna Manusia”

Perkenalan menuju album penuh kedua dari band rock asal Jakarta tersebut

Posted on 2018-10-04 11:47:27   | by Pramedya Nataprawira

Barasuara. (Sumber: Barasuara Facebook Page)


Band indie rock asal Jakarta, Barasuara, belakangan ini baru saja merilis sebuah single terbaru yang berjudul “Guna Manusia”. Lagu ini merupakan perkenalan menuju album penuh kedua mereka yang dijadwalkan segera rilis dalam waktu dekat. “Guna Manusia” sudah dapat didengar lewat berbagai layanan musik digital seperti Spotify hingga Apple Music.

“Guna Manusia” dari Barasuara menjadi karya perdana yang diperkenalkan oleh label rekaman baru bernama Darlin Records, sebuah kerja sama antara Ismaya, Double Deer, dan Pon Your Tone.

Lewat “Guna Manusia”, vokalis/gitaris Iga Massardi, pemain bas Gerald Situmorang, gitaris TJ Kusuma, drummer Marco Steffiano, vokalis Asteriska, dan vokalis Puti Chitara mencoba memberi pertanyaan besar tentang peran manusia di muka bumi belakangan ini. 

Ini tergambar dari penggalan liriknya seperti, “Mencari guna manusia, tiap langkah rusak semua,” atau terdapat pula di, “Hitung mundur gerus tepian, hingga hunian tinggal lautan. Memanaskan dunia, mencair di utara. Kita di ujung masa.”

Sebelum dirilis dalam bentuk single, Barasuara terlebih dahulu memperkenalkan “Guna Manusia” dan beberapa materi baru album kedua di hadapan para Penunggang Badai (sebutan penggemar Barasuara) yang hadir di We The Fest 2018 beberapa bulan lalu.

Barasuara akan tampil di hari pertama Synchronize Fest 2018 pada 5 Oktober mendatang. Kembali diselenggarakan di Gambir EXPO Kemayoran, Jakarta, mereka akan berbagi panggung dengan Burgerkill, Endank Soekamti, Negative Lovers, Rock N Roll Mafia, Sore, hingga The Upstairs.